Senin, 10 November 2008

Megibung - Sebuah Tradisi Komunal Bali Timur


9 November 2008
Karangasem Bali - Megibung dan Bakti Sosial

Hari Minggu, tanggal 9 November 2008, sebuah kelompok bersepeda dengan nama SATAK CC mengadakan kegiatan tahunan yaitu megibung atau tradisi makan bersama-sama dalam satu nampan yang besar. Acara kali ini menjadi lebih terasa sosialnya karena ditambahkan dengan pemberian bantuan sebuah tangki air sangat besar dan safari kesehatan gratis yang bekerja sama dengan SANDAT CC yaitu kelompok bersepeda dari Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar.

Gowes nya sih biasa-biasa saja karena rutenya on road semua. Hehe tidak bermaksud menyombongkan diri karena habis keliling Bali. Yang istimewa adalah gowes di pagi hari itu diawali oleh Pak Walikota Denpasar. Wah, Pak Walikota ini memang te o pe. Meski hanya gowes dari depan markas Satak CC di Banjar Kayumas Kaja sampai di rumah beliau di renon, namun keikutsertaan Pak Walikota telah menunjukkan dukungan riil dan AKSI NYATA seorang pejabat pemerintah dalam hal Global Warming, hemat energi, hidup sehat dengan bersepeda! Terimakasih, Pak! O ya, kita punya jadwal rutin gowes lho, Pak. Setiap Selasa sore kita ke Ubud dan setiap Kamis sore ke Bukit Ungasan... Kali-kali aja Pak Wali mau ikut.. hehehe.. welcome, Pak..

Back to gowes ke Karangasem, peserta yang ikut kegiatan social-fun bike riding ini datang dari berbagai kelompok pesepeda diantaranya dari B2W Chapter Bali, PLN - Lisna, The Deaf, BNI 46 Gowesers, dll termasuk juga peserta individu dengan total hampir 100 orang. Dan dari total peserta lebih dari 90 persen lulus sampai di Karangasem. Yang tidak lulus biasanya terkena kendala dengkul alias kram.

Sampai di Karangasem sekitar jam 10 pagi. Dan acara yang menarik dan bikin penasaran adalah tradisi megibung. Ya secara gampangnya megibung itu ya makan bareng deh. Kalau di-lagu-kan menjadi "sepiring berdua" judulnya. Tapi ini senampan ber-enam. Ya, porsinya besar-besar. Nasi setumpuk besar untuk ber-enam. Lauknya mulai dari sate lilit, gegecok putih, gegecok kuning (haduh jangan tanya deh, ga ngerti juga.. pokoknya bisa dimakan lah), urap, sambal dan kuah komoh (nah ini kuah dari darah yang sudah dicampursarikan dengan aneka bumbu... eeeekkssss).

Dari awal sih udah kebayang bakalan makan rame-rame dalam satu wadah besar. Tapi pertanyaan besarnya adalah siapa yang bakalan diajak makan saling comot-mencomot? Kalau tangannya bersih, okelah... tapi kalau hihihi tangannya bertato panu trus kalau udah masuk mulut ada bakteri yang menular lewat ludah misal Hep-C atau TBC....... gimana dong? Masihkah tradisi ini sehat? hihihi jangan marah ya yang punya tradisi... sudah pasti yang diajak duduk dipilih lah yang kira-kira dari penampakannya sehat luar dalam.. hahaha..

Nah, cuma pas waktu kejadian perkara alias udah duduk bersila sama-sama nih... sengaja deh dicari kelompok 5 orang yang kira-kira nafsu makannya berimbang lah.. jadi fair gitu.. semua pertanyaan diatas jadi hilang.. lupa.. yang teringat cuma lapar dan makan! Mungkin begitu kali jaman dulu ya? Supaya ga ada rasa jijay saling comot, dibikin dulu supaya lapeeeer banget hahaha.. yah, kita semua waktu itu yang pasti sudah luar biasa laper habis gowes sejauh 70km lebih. Lahap deh. hap hap hap.

Makanan habis dalam sekejap! Lalu, kalau perut sudah kenyang, ngantuk pun datang. Eh, acara belum selesai... masih harus gowes naik ke Seraya menyerahkan bantuan tangki air tadi. Ilustrasi Pak Dewa Mertakota, ini Bapak saya kagumi deh karena punya ide-ide yang luar biasa untuk kemajuan dan perkembangan bersepeda di Denpasar dan Bali pada umumnya, jalan menuju Seraya itu sejauh 12 km dan terbagi menjadi turunan 6 km dan 'polisi tidur' sejauh 6 km. hahaha 'polisi tidur' sebesar bukit yang terjal.. hehehehe bisa aja Pak Dewa ini.. tapi mohon maap beribu maap waktu itu saya ga bisa ikut gowes pak.. maklum deh.. habis dorong teman dari ujung tanjakan Sanghyang Ambu sampai Karangasem.. hehehe alasan ya pak..

Eniwey, salut sekali atas kegiatan ini dan sangat terkesan dengan megibungnya... kalau bisa sih tahun depan megibungnya buat 2 orang aja masing2 nampan hahahaha... Salut juga buat semua komunitas sepeda yang telah ikut berpartisipasi menyumbang dana dan support yang luar biasa.. tanpa dukungan dari seluruh komunitas sepeda yang ikut, tentu acara yang luar biasa ini menjadi kurang gaungnya..

Foto-foto kali ini lebih banyak isinya orang makan ya.. boleh juga nih bikin sub-blog makanan tradisional dan khas di Bali.. hehehe.. makan mulu.

Nah satu hal lagi yang sangat menarik adalah mengunjungi Istana Raja Karangasem. Kebetulan salah satu anggota komunitas pesepeda Lelasan Berseri, Gungde, adalah cucu dari Raja Karangasem dan menawarkan kesempatan untuk melihat dari dekat bangunan bersejarah yang masih terlihat elegan dan antik sekali. Ukiran masih terlihat dalam kondisi sangat terawat, ubin jaman doeloe terlihat pas dengan tema retro yang lagi ngetrend saat ini.

Monggo deh disimak gambar-gambar jepretan fotografer amatiran dengan kamera digital poket yang sudah mulai rabun alias kadang jelas kadang kabur...

Terimakasih buat Gungde dan keluarga....

5 komentar:

  1. Seru kliatannya dari foto-fotonya...

    Hayooo...ditunggu deh liputan ttg makanan khas Bali-nya....

    Sitaan ;-)

    BalasHapus
  2. Bung Endra!
    Jangan takut megibung. Ada hasil penelitian kenapa perut orang bali jarang keracunan. Konon katanya karena perutnya lebih kotor dari makanannya..... hahaha ...., just kidding!
    .............
    Tetap semangat....., supaya kita tetap bisa genjot nyambi nguliner ....., pokok'e mak erot .... eheh... mak nyusssss!

    salam satak!

    BalasHapus
  3. Ramah dan Sitaan. hehehe.. pa kabar jeng? thanks udah mampir yaa..

    Pak Dewa, matur suksma dengan megibungnya.. setuju, genjot dan kuliner! makanya jualan nasi hahaha

    BalasHapus
  4. Hallo teman-teman, saya mau rekomendasi makanan enak di bali...kemarin saya makan mie bengil, katanya sih mie dengan citarasa bali. Pas saya coba...wah benar-benar enak. mienya ditaburi ayam yang bentuknya kayak abon, ada sate gorengnya, pangsit goreng dan yg bikin mak nyusss adalah sambel matah terasinya...selama ini gak ngebayangin makan mie sama sambel matah, ternyata mak nyusss banget, ditambah lagi mereka punya minuman es mangganya...belum pernah ada minuman segar seperti ini. Patut dicoba

    BalasHapus
  5. oya lupa alamatnya di Jl. Teuku Umar, yang ada Soes Merdeka, Sampingnya STIKOM.
    Matur Suksma

    BalasHapus