Sabtu, 06 Februari 2010

Lajur Sepeda


07 Februari 2010

Malu
hehehe.. lama banget absen menulis.. pasti paragraf pertama dimulai dengan ketawa sendiri karena malu sendiri.. keliatan banget malesnya ya.. ga apalah, yang penting jujur dengan diri sendiri bahwasanya hidup ini pasti ada naik turun, lagi mood lagi ilang, lagi semangat lagi lemes.. lagi tegang lagi santai.. ya begitulah hidup ini.. dinikmati saja..

Pertama-tama, selamet taon baru deh.. yaa tau udah telat dikit.. baru juga minggu pertama bulan kedua.. hehe... masih baru lah.. trus harapannya semoga di tahun 2010 nobancaptoen ini semua teman-teman yang hobi bersepeda mendapat sepeda baru yang paling bagus sesuai isi kantong.. hahaha.. ya ga? Trus, sehat.. itu pasti karena bersepeda ya? Trus all the best deh.. yang usaha tambah maju, yang kerja tambah melesat karirnya, yang jomblo dapet pasangan oke, yang belum bersepeda dan punya sepeda, buruan! beli!

Update
Nah, masuk ke topik ngapain aja selama ini? Kemana aja menghilang? hehehe.. gini gini..

Terakhir kan postingnya pas Rahma dan Yunara, ini pesepeda tuna rungu keliling Indonesia membawa nama Bike To Work Indonesia dan misi bersepeda and Go Green. Singkat cerita si RaYu ini di Bali beberapa hari dan sayangnya tidak sukses bertemu Gub tapi dapat diterima di Pemkot Denpasar. Di Bali juga RaYu mampir ke sekolah SLB B tempat para tuna rungu menuntut ilmu. Trenyuh juga loh, anak kecil-kecil yang lucu tapi tetap bersemangat mendengar, eh melihat cerita RaYu. Mereka boleh kurang satu bagian dalam tubuh namun semangat mereka nampak begitu besar. Lah, kita yang normal aja masih males-malesan ya.. nulis blog aja males. Halah.. kikikikikkk... (FB rajin loooohhhh.. add endra datta and buktikan)

Nah setelah event RaYu, kegiatan bersepeda lebih banyak diisi dengan rapat ini dan rapat itu untuk mensukseskan Car Free Day dan untuk meraih misi besar kedua yaitu lajur sepeda.

Rapat digelar dibeberapa tempat dan beberapa kali hingga menghasilkan keputusan dibentuknya tim lajur sepeda dari Samas Denpasar. Tim ini kemudian menyusun proposal lajur sepeda dengan research yang dalam dari internet dan berbagai sumber. Kemudian rapat digelar di Dinas Perhubungan Kota Denpasar yang menghasilkan keputusan studi banding ke Jojgjakarta.... ini serius loh, ga main-main.. jangan disamakan dengan studi banding para wakil rahayat yang terhormat.. tabiiiik..

Singkat cerita, berangkatlah tim yang terdiri dari 6 orang yaitu 4 orang dari Samas Denpasar, 1 orang dari Dishub Propinsi Bali dan Pak Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar. O ya, yang 4 orang dari Samas pasti ingin tau ya.. Putu Kusuma, IDM Merthakota, Made Gede Sugiarta (dekotel) dan satu orang penggembira yang serius, serius penggembira... yaitu tukang tulisnya Samas Denpasar. Saya, Pak. Maap.

Di Jogja, kami menyaksikan sendiri lajur sepeda yang dibangun atau lebih tepatnya di cat. Yak, cuma di cat doank.. tapi makna cat di jalan itu besar sekali loh. Artinya, keseriusan Pemkot Jogjakarta untuk memihak pada sepeda dan kegiatan Go Green sangat terasa. Semangat dan kerja keras Pemkota Jogjakarta patut diacungi jempol! Lah, sebelum ono UU no. 22/2009, Pemkot Jogja wes nggarap lajur sepeda, jeh?! Apik tenan, tho? Iyoooo.... ojo ngguyu wes, serius ikiiii...

Wes, singkot cerito.. kunjungan nang Jogjo sukses kabeh. Pertemuan karo Dishub Jogjo berlangsung singkat padat dan merakyat.. aseli, jhe.. bangunan Dishub Jogjo itu dulune markas PETA, Pembela Tanah Air.. Coba delok sik potone..

Trus kesimpulane opo? Di Jogjakarta itu ada Sego Segawe, singkatan dari Sepeda kanggo Sekola Lan Nyambut Gawe.. bagus ya akronim nya.. SS ini dibentuk oleh Pemkot Jogja dan menghimpun para klub dan komunitas sepeda disana. SS inilah kemudian menjadi ujung tombak gerakan sepeda di Kota Gudeg... Kota Bakpia Pathuk 25.. kota yang asyik banget dah.. Pemkot Jogja kemudian memberikan contoh yang baik yaitu dengan mengharuskan (HARUS) PNS bersepeda ke tempat kerja yang berdomisili dengan radius 10km dari pusat pemerintahan setiap hari Jumat. Ya, benar. Bagi yang melanggar apalagi coba-coba pakai mobdin kekantor pada hari Jumat, siap-siap aja dikandangin selama sebulan. Ini sudah di SK Walikota loh.. serius.

Lajur sepeda di Jogja itu diarahkan ke pusat-pusat sekolah dan sedikit sekali menyasar ke pusat perekonomian yang padat traffic nya.. Why? Karena pasti akan menambah kemacetan sebagai akibar jalan yang sempit ditambah coretan lajur sepeda. Betul ya? Boleh pulaaaang......

Denpasar, 21 Februari 2010
Pulang kekotaku.. Ada setangkup rindu.. dalam kalbu... hehe cuma 2 hari semalam di Jogja trus balik pulang dah.. Denpasar! Kota tercinta dengan walikota yang ga kalah kreatifnya dengan Jogja.. bener kan? Heheehehhee.. Nah, sampai di Denpasar, tim lajur sepeda langsung bekerja. Laporan hasil studi banding pun dibuat plus proposal lajur sepeda disempurnakan. Sip!

Dan, Pak Wali sangat semangat untuk mewujudkan lajur sepeda di Kota Denpasar sesegera mungkin! Tanggal 21 Februari 2010 ditetapkan sebagai tonggak Denpasar memiliki lajur sepeda pertama kali... di Bali ini juga yang pertama kali..

Saat ini, ya pada saat tulisan ini ditulis.. Dishub Kota Denpasar tengah bekerja ekstra keras untuk mewujudkan mimpi para pesepeda agar mendapat perlindungan di jalanan umum. Bapak-bapak di Dishub, terimakasih ya, Pak.. kerja keras Bapak semua pasti mendapat tempat terbaik di hati masyarakat Kota Denpasar.. apalagi para pesepeda.. cintaaaaaaa..... Hidup Dishub Kota Denpasar! Hidup Kota Denpasar yang hijau! Hidup Pak Walikota..

Nah sementara sekian dulu update dari blog yang males ini... mohon didoakan agar rajin menulis lagi.. in the mean time.. keep pedalling and smiling.. :)

Sampai bertemu di Renon pada hari Minggu, 21 Februari 2010 jam 6 pagi ya.. jangan telat.. jadilah yang pertama mencoba lajur sepeda.. setelah Pak Wali tentunya...

Salam XCRide,
ED